INDIKATOR KETINGGIAN AIR MENGGUNAKAN IC TTL dan CMOS

Sebelumnya saya telah menuliskan postingan ini pada blog yang lama tapi kini berpindah rumah di worspress..!! Pada postingan kali ini saya akan menshare hasil percobaan alat digital yang berfungsi mengukur ketinggian air dengan 7-segmen sebagai output. komponen- komponen yang diperlukan :

  • IC 74HC147
  • IC CMOS CD4511
  • TRANSISTOR BC547
  • RESISTOR
  • 7-SEGMENT
  • KABEL PELANGI
  • SOCKET MALE/FEMALE
Berikut skematik rangkaian nya:

Cara kerja rangkaian nya sebagai berikut pada skematik:

Pada IC ke satu yaitu 74HC147 sebagai encoder yaitu masukan dari water container atau bak air karakteristik IC ini memiliki 10 input pada pin (1,2,3,4,5,10,11,12,13) dimana dimulai dari angka 0 sampai 10 dan memiliki 4 output pada pin (6,7,9,14) lalu pin 16 sebagai Vcc dan pin 8 sebagai GND, lalu di teruskan ke transistor BC547 sebagai saklar, transistor ini berjenis NPN dmana kaki ke1 sebagai collector kaki ke2 sebagai basis dan ke3 sebagai emiter. transistor ini berfungsi sebagai pemilah yang akan di keluarkan decoder yaitu menggunakan IC CMOS CD4511 dimana memiliki 4 input pada pin (1,2,6,7) dan pin(9,10,11,12,13,14,15) sebagai output ke 7segment.

itulah hasil karya saya semoga bermanfaat…!!! jika berminat membuatnya saya bisa mengirimkan layout PCB tinggal cetak kirim saja email ke ghianhufaidillah@gmail.com saya menggunakan software protel selamat mencoba….!!!!

About zhiescreamous

Pecinta Lingkungan Hidup, Persaudaraan Gn.Puntang Indonesia | Computer Enggineering | UNIKOM

Posted on 22/01/2012, in Elektronika & Digital. Bookmark the permalink. 45 Komentar.

  1. thank’s materi nya ! 🙂

  2. L1 s/d L9 pakai LDR kah?
    boleh minta list lengkap jumlah komponen yg dibutuhkan nggak?
    tlng diemail sama desain pcb + file simulasi di proteus ya.
    kl seven segment diperbanyak jd 4 – 5 digit, komponen apa aja yg perlu ditambah?
    kl seven segment diganti lcd 16×2 perlu atmega kah?
    terimakasih banyak buat postingan blognya yg bermanfaat.

    jawabannya tlng segera diemail ke the.aldini@gmail.com yaaa, thanks.

  3. riezal putra

    saya minat mau bikin mas, bisa minta tolong kirim layout pcb nya? artupr@yahoo.co.id ini email saya, terimakasih sebelumnya

  4. ka’ aku juga mau donk layout nya.

  5. makasih ya infonya..

    boleh saya minta layout pcbnya?

    kalau ada waktu tolong kirim ke email saya ya
    seizekey@gmail.com
    makasih 🙂

  6. kirim ke fianjallez@yahoo.com dong layout pcb nya, makasih (y)

  7. mas admin aku minta layoutnya donk..

  8. Sebelumnya aku ucapin makasih…. 🙂

  9. suwun..sangat bagus,

  10. boleh jg tu layout pcbnya,,sebelumnya ma kasih.. wadi.ilham@gmail.com

  11. ya ,,trimsss…..

  12. saya juga mau mencoba, tapi belum paham kabel nya itu dipasang dimananya dari water containernya,
    mau layout pcb nya juga ya,, nia.atrian24@gmail.com
    terima kasih

  13. mas file nya di buka pakai pa?proteus?

  14. asalamualaikum ka minta dong layoutnya jg dong sma komponen nya scra lngkp kirim k email sya adayyatnayatna@yahoo.co.id

  15. assalamualaikum…. saya mau nyoba rangkaian ini… makasih atas ilmunya, tapi sbagai seorang pemula, ( heheheh )… saya masih bingung, kalau ingin membuat simulator di proteus ( misalnya ) indikator ketinggian airnya itu bisa pakai apa yah??

    mohon sarannya.

    makasih….

  16. waalaikumsalam,,, waduh saya dulu pas nyoba rangkaian ini langsung di prjectboard. kalo pun ingin membuat simulatornya lebih enak pake multisim.
    selamat mencoba 🙂

  17. Bos apa bisa display seven segmen dibuat 2 buah karena aq ingin outputnya bisa terbaca sampai 99 ( enunjukan % ) ..? terima kasih

    • waduh kalo untuk counter 2 digit lebih baik pake mikrokontroller aja gan,, soalnya kalo pake rangkaian ini otomatis IC TTL decoder sama encodernya harus diganti juga atau ada penambahan komponen lainnya. Terimakasih sudah berkunjung

  18. siang gan, kalau dibuat untuk ketinggian bensin bisa gak?? secara listrik harus mengalir dibensin, mungkin bisa menggunakan aliran listrik dari aki
    odhiepe@gmail.com
    kalau bisa, mau pesenin satu berapa yak 😀

  19. terimakasih infonya…, gan boleh saya minta layout pcbnya?
    email saya = namecomputer333@gmail.com

  20. assalamualikum, maaf maunannya kalau di ganti bukan dengan water container tetapi diganti dengan lm35 apakah bisa mas?? dan apakah langsung sambungin ke sensor??

  21. om, bolehkan daku dikirimken layout pcb nya ke moezllech20@gmail.com. makasih.

  22. Raply Kurniawan

    minta pcb layoutnya dong, saya ingin mencobanya raplykurniawan@rocketmail.com

  23. mas bisa mminta layout lengkapnya ?
    kirim ke email saya dong herisitumorang7@gmail.com

  24. permisi, kirim pcb beserta penjelasannya lengkapnya ke dhimasdharuw@gmail.com dong. mau ku buat bikin tugas gan :v Thanks (y)

  25. assalamualaikum, tolong kirimi lengkapnnya ke dhimasdharuw@gmail.com .. mau nyoba nih hehe

  26. boleh minta detailnya, mas?email candragunawan89@gmail.com ya..
    makasih

  27. gan boleh minta layoutnya ? kirim ke email ane ya solihiniruzen@gmail.com
    gan untuk tes ketinggian airnya pke apa ? kawat ? klo pke, kawatnya disambungin ke kabel mana ? thx 🙂

  28. willy pradipta

    Gan tolong cek email, saya minta layout pcbnya 🙂

  29. putra syahbani

    Mas.. mau tanya kalo pasang buzzer pas di digit 9 gmn ya?
    jadi pas angka menunjukan angka 9 si buzzer nya bunyi..
    terima kasih

Tinggalkan Balasan

